Sunday, May 29, 2011

Cara Kerja Mobile Google Wallet - Pembayaran Lewat Ponsel

Google mulai masuk ke dunia mobile payment dengan meluncurkan Google Wallet, yaitu sistem pembayaran melalui ponsel(mobile payment). Untuk uji coba dilakukan di San Frasisco dan New York, dengan bekerja sama dengan Operator Sprint.

Dari sisi retailer dan financial telah digandeng Subway, Macy's, Walgreens, Toys 'R Us, First Data, Citibank and MasterCard. Dan akan banyak lagi partner yang akan bergabung dengan Google Wallet.

Dari sisi mobile device yang digunakan, saat ini baru Sprint Nexus S 4G. Dan Google menjanjikan tidak hanya mobile device yang mempunyai NFC (Near Field Communication), bagi ponsel yang tidak tertanam NFC juga bisa menggunakan NFC Sticker, yaitu aplikasi Google Wallet yang bisa diinstall pada ponsel non NFC.

Google Wallet

Cara kerjanya cukup simpel, kalau di Indonesia hampir sama prosesnya dengan BCA Flash. Google Wallet dapat melakukan pembayaran melalui dua solusi PayPass eligible Citi MasterCard and virtual Google Prepaid card.

Bagi yang mempunyai PayPass eligible Citi MasterCard dapat dengan mudah menambahkannya ke Google Wallet, atau kita dapat top up dana ke Google Prepaid card dengan berbagai kartu pembayaran yang mendukung.

Sewaktu kita melakukan transaksi di Merchant yang mendukung Google Wallet, kita hanya tinggal melakukan "Tap" (mendekatkan ponsel ke perangkat pembayaran Google Wallet) dan kemudian perangkat tersebut akan melakukan authorization dan mengurangi saldo Google Wallet yang kita miliki. Sangat simpel.


Google juga melakukan uji coba dengan menawarkan berbagai diskon menarik bekerjasama dengan Merchant. Jadi bagi kita yang belanja dengan Google Wallet dan untuk item tertentu yang mendapatkan diskon, secara otomatis saldo Google Wallet kita akan terpotong setelah dikurangi dengan diskon.

Saya yakin Google Wallet akan berkembang pesat, karena Google berkomitmen untuk memajukan Google Wallet ini dengan menggandeng perbankan, operator selular, pabrikan ponsel, merchant dan lainnya.


Lalu bagaimana impact-nya di Indonesia? Tentu sangat berpengaruh sekali, yang akan kena dampaknya yaitu BCA Flash, T-Cash, FlexiCash, XL Tunai, Indosat Dompetku dll.

Namun ini merupakan kesempatan dan peluang bagi dunia perbankan dan operator selular untuk cepat-cepat bergerak dan menggandeng Google Wallet, dengan sinergi tersebut saya kira justru akan saling menguntungkan.

Bagi merchant di Indonesia, juga harus siap-siap untuk menyambut kehadiran Google Wallet di Indonesia. Karena saya yakin tidak lama lagi akan masuk ke Indonesia, dengan meluncurnya ponsel yang support Google Wallet di Indonesia. Welcome Google Wallet.






0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *