Thursday, April 14, 2011

Telkomsigma Membangun Data Center untuk Google di Indonesia

Google merajai search engine di dunia dan juga di Indonesia. Kurang lebih 64%, orang Indonesia melakukan pencarian di dunia maya menggunakan Google, sisanya menggunakan yahoo, bing dan search engine lainnya.

Demikian juga dengan RIM, dengan produknya BlackBerry, saat ini memiliki pengguna tak kurang dari tiga juta. Baik Google maupun RIM ingin membuka server-nya di Indonesia.

Sigma Cipta Caraka, atau yang lebih dikenal dengan nama TelkomSigma, yang merupakan anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia ingin menangkap peluang tersebut. Dengan menginvestasikan dana sekitar 300 milyar rupiah, TelkomSigma akan membangun data center terbesar di Indonesia yang terletak di Serpong Tangerang.

Selain itu, TelkomSigma juga akan fokus mengembangan layanan Cloud Computing. Trend layanan Cloud Computing akan semakin tumbuh, seiring dengan banyak perusahaan yang mulai ketergantungan sama sistem indformasi dalam menjalankan bisnisnya, juga keinginan perusahaan untuk cost efficiency.

Dengan di dukung data center yang memadai dan jaringan optik milik Telkom yang tersebar di seluruh Indonesia, saya nilai langkah TelkomSigma sangat tepat untuk mengembangkan layanan cloud computing, dan saya prediksi akan menjadi pemain utama di Indonesia.






2 comments:

  1. Bagus mas info datacenternya,, indonesia makin jaya yo. salam kenal.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *