Wednesday, April 6, 2011

Strategi Google di Dunia Mobile

Awalnya saya heran, kenapa Google membuat sistem operasi Android dan diberikan secara gratis kepada vendor terminal dan juga bisa dioprek oleh developer, namun keheranan saya tersebut sedikit terkuak, setelah saya mencoba sendiri sistem operasi Android menggunakan Motorola DroidX CDMA.

Posisi saat ini penjual smart phone adalah sekitar 20% dari total penjualan terminal. Dan diperkirana tahun ini akan terjual sekitar 100 juta smart phone di Asia Pasifik dan diperkirakan pada tahun 2015 akan mencapai 500 juta atau ada sekitar 60% dari terminal yang beredar.

Jadi, orang akan lebih banyak akses internet menggunakan smart phone.Google ingin menangkap peluang ini dan mengamankan revenue-nya yang saat ini berasal dari iklan AdWord dan jaringan network publisher Adsense.

Sebelumnya saya menggunakan smartphone berbasis Mobile Windows dan BlackBerry. Dan dari browser yang ada diperangkat tersebut, secara default tidak menampilkan iklan Adsense.



Google tidak mau kehilangan revenue. So saya coba menggunakan browser yang ada pada smarthphone berbasis Android, secara default iklan Google Adsense-nya muncul.

Selain itu, dengan intergrasi aplikasi-aplikasi Google, include contact pada Gmail serta aplikasi lainnya, mau tidak mau pengguna Android akan mempunyai account Google dan terikat terus untuk menggunakannya. Google memang luaaar biaaasa.






8 comments:

  1. sepertinya dunia digital advertising kedepannya akan semakin banyak menjurus ke arah mobile.

    siapa tahu revenue google kelak justru lebih gede yg dari admob ketimbang Adsense :)

    ReplyDelete
  2. keren bngt mas setyo artikelnya...strategi google sangat jeli bngt..

    ReplyDelete
  3. @Mas Triunt: kelihatannya begitu xixixixi
    @Cak Nun: Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Sepertinya memang target tahun ini lebih ke mobile...

    ReplyDelete
  5. ikutan komen mas sekalian kenalan di sunia maya. Udah ketemuan Off line tapi belum jumpa di online. Google in mobile ya... hmmm pemain adsense dibela nih hehehe... sukses mas n salam.

    ReplyDelete
  6. @The Baby: siiip, terima kasih Mas Heru Budianto

    ReplyDelete
  7. hmm..sebetulnya saya sedang cari tahu apakah bisa n bagaimana iklan adsense web saya bisa muncul di browser smart phone spt blackberyy..

    Pls answer n help..

    thanks alot..

    ReplyDelete
  8. Untuk tampilan Web di Smarthphone ada dua pilihan yaitu web version dan mobile version.

    Untuk web version yang saya coba buka dari browser bawaannya Android, iklan adsense secara default muncul.

    Apabila web/blog kita setting ke versi mobile (wordpress dan blogspot ada fasilitasnya untuk setting) apabila diakses dari smartphone, maka iklan adsense tidak muncul.

    Namun barusan Google telah memunculkan Adsense fo mobile content. Yang asyiknya lagi udah support blog berbahasa Indonesia, informasi secara lengkap silahkan baca http://adsense.blogspot.com/2011/05/adsense-for-mobile-content-in-15-new.html

    Selamat mencoba

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *