Thursday, March 31, 2011

Kemana Arah Bisnis Operator Telco di Indonesia

Bakrie Telecom melakukan konvergensi layanannya dengan Viva Group menjadi Bakrie Telecom 2.0. Hal tersebut merupakan langkah strategis untuk menghadapi persaingan yang berdarah-darah di bisnis telekomunikasi di Indonesia.

Bakrie Telecom 2.0 mengakomodasi tiga pilar utama Telecommunication, Multimedia dan Technology (TMT). Perusahaan yang akan disinergikan yaitu Bakrie Telecom,Bakrie Connectivity, Bakrie Network, ANTV, TVOne, Channel V dan Vivanews.com.

Langkah tersebut, hampir sama apa yang dilakukan oleh Telkom yaitu dengan mensinergikan layanan Telkom Group menjadi TIME (Telecommunication, Information, Media and Edutainment).

Langkah Bakrie dan Telkom, saya nilai dapat mewakili langkah perusahaan Telco di Indonesia. Ditengah menurunnya pendapatan dari layanan Voice dan SMS, mau tidak mau harus mencari alternatif pendapatan baru, yang sedang tumbuh dan terus akan tumbuh adalah layanan data. Not only jaringannya, namun content akan memegang peranan penting.

Kita tunggu langkah XL dan Indosat, yang saya prediksi juga akan meng-create content (TV, News, Games dll) untuk mendukung bisnis jaringannya, bila ingin tetap survive.






0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *