Tuesday, March 29, 2011

Kelebihan Teknologi CDMA EVDO

Talkshow Bincang Seluler di Radio JJ FM Surabaya sore itu membahas tentang prospek bisnis teknologi CDMA EVDO. Mas Herry SW selaku pembawa acara bertanya kepada saya, bagaimana prospek bisnis mobile broadband di Indonesia? dan prospek teknologi EVDO di Indonesia.

Dari data yang saya peroleh dari Frost & Sullivan, bahwa pelanggan 3G di Indonesia pada tahun 2007 sebanyak 5,7 juta meningkat sebesar 607% menjadi 40,3 juta pada akhir tahun 2010. Luar biasa, demand di Indonesia untuk akses broadband. Terlebih ditunjang dengan semakin memasyarakatnya Internet di tanah air.

Saat ini, masyarakat sedang demam dengan facebook dan twitter, yang untuk akses tidak diperlukan boradband, tapi trend-nya diperlukan social networking yang tidak hanya text dan photo, namun sudah mengarah ke video.

Saat ini teknologi CDMA EVDO sudah komersial dalam tiga kecepatan, yaitu EVDO Rev.0 kecepatan download up to 2,4 Mbps. Rev.A up to 3,1 Mbps dan Rev.b samapai dengan 9,3 Mbps. Tidak kalah dengan teknologi HSPA.

Kelebihan EVDO adalah penggunaan resources Bandwidth yang efisien, dengan lebar pita per carrier-nya 1,25 Mbps, memberikan kecepatan download yang hampir sama dengan HSPA yang memerlukan lebar pita 5 Mbps. Sehingga dengan menerapkan teknologi EVDO, Operator dapat menghemat biaya penggunaan frekuensi ke pemerintah, yang pada akhirnya harga jual ke customer dapat di tekan.

Demikian juga dengan kestabilan datanya, karena jalur voice dan data terpisah dengan menggunakan carrier yang berbeda, maka meskipun trafik voice di suatu BTS meningkat, tidak akan berimpact pada layanan data.






2 comments:

  1. Kalimantan tengah-Kabupaten Kotawaringin barat di pasangin EVDO dooooongg.....aku dah 3,5 pakai flexi modem hanya jaringan 1x aja

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, saya akan sampaikan ke Telkom

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *